Customer Service adalah seseorang yang melayani dan memberi informasi kepada Nasabah pertama kali ketika datang ke suatu bank. Pelayanan Customer Service kepada Nasabah menjadi tolak ukur citra dan image perkembangan Bank tersebut.
Menurut Kasmir. SE, MM peranan Customer Service adalah mempertahankan Nasabah lama agar tetap setia menjadi Nasabah melalui pembinaan hubungan yang lebih akrab. Serta dapat mencari Nasabah baru untuk bisa melakukan pendekatan agar Nasabah bisa lebih percaya dengan kualitas produk yang dimiliki.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Customer Service sebagai tulang punggung kegiatan Operasional Perbankan.
Customer Service juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat, akurat dan ramah kepada Nasabah agar Nasabah merasa puas dengan pelayanan tersebut.
Menjadi seorang Customer Service tidaklah mudah, karena Customer Servis memiliki etika pelayanan dalam melayani Nasabah. Berikut saya jabarkan beberapa Etika Customer Servis dalam melayani Nasabah dengan baik ataupun dengan buruk.
Etika Customer Servis yang benar dalam melayani Nasabah:
- Mengucapkan salam kepada Nasabah dengan senyum yang ramah
- Tanyakan kepentingannya terlebih dahulu
- Berilah Form kepada Nasabah sambil menjelaskan cara mengisinya
- Setelah selesai mengisi Form, Customer Servise memberi nomor antrian dengan sopan
- Setelah itu, minta nomor antrian Nasabah
- Tanyakan kepentingannya dengan sopan
Etika yang tidak baik dalam Melayani Nasabah :
- Tidak mengucapkan salam dan berwajah masam
- Langsung memberikan Form tanpa memberi penjelasan
- Memberi nomor antrian dengan tidak baik
- Menelepon saat melayani Nasabah
Berikut contoh Pelayanan Customer Service yang baik dan buruk :
Sekian dulu blog hari ini, terima kasih sudah membaca artikel saya. Sampai jumpa di artikel Berikutnya....👋👋👋
Okay guys😊😊,, jangan lupa kunjungi blog teman saya dibawah ini :
Ilyas Adi Putra
Ficky
Yulinda Rahmawati
Alifia Mutiara Dihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar